Chris Wilder, Sang Brilian yang Tertutup Kilau Klopp

Posted on

Sheffield – Data ungkap performa Chris Wilder tidak kalah mengagumkan dibanding Juergen Klopp, yang sekarang ini dipandang untuk manager terbaik di Liga Inggris musim ini.
Wilder tidak berhasil menjaga gelar Manager of The Years versi Perkumpulan Manager Liga Inggris (LMA). Dia kalah berkompetisi dengan Juergen Klopp yang memiliki hak memiliki gelar diketahui dengan Sir Alex Ferguson Trofi.

Klopp meraih gelar itu selesai mengantar Liverpool akhiri puasa gelar di Liga Inggris semasa 30 tahun. The Reds meraih titel juara Liga Inggris musim ini dengan mengantongi 99 point.

Walau tidak meraih Sir Alex Ferguson Trofi, kerja Wilder musim ini bersama Sheffield tidak kalah mengagumkan dibanding Klopp. Dia bawa The Blades yang disebut team promo finish di rangking ke-9 dengan perolehan 54 point.

Torehan ini termasuk mengagumkan bila lihat Sheffield ialah team dengan rataan upah tiap pemain per tahun paling rendah di Liga Inggris. Diambil dari Global Sport Salary Survey 2019, rataan upah tiap pemain Sheffield per tahun hanya 728 ribu pound.

Jumlah itu tertaut demikian jauh dengan Liverpool yang tempati rangking ke-3 dalam perincian ini dengan rataan upah tiap pemain per tahun 5.537.600 pound. Sesaat, team dengan rataan upah tiap pemain per tahun paling tinggi di Premier League ialah Manchester City dengan 6.987.500 pound.

Dongeng Wilder bersama Sheffield

 

 

Cerita Chris Wilder bersama Sheffield memang bak dongeng. Dia mengatasi team yang bertempat di Bramal Lane ini semenjak 2016 waktu mereka masih bergelut di League One.

Dia langsung dapat bawa Sheffield memenangkan League One serta promo ke Championship Seksion. Cuma perlu 2 tahun di Championship Divison, Wilder bawa Sheffield merasai Premier League musim ini selesai jadi runners-up pertandingan kelas ke-2 Liga Inggris itu pada musim 2018/2019.

Sir Alex Ferguson serta tidak enggan beri pujian aksi Wilder bersama Sheffield. Manager legendaris MU itu memandang aksi Wilder musim ini demikian fenomenal.

“Ini tahun yang mengagumkan untuk Chris. Dia Fenomenal. Tahun kemarin, ia memenanginya gelar ini tapi harus senang di posisi ke-2 tahun ini,” tutur Ferguson selesai penghargaan Manager of The Years versi LMA diambil dari Yorkshire Live.

“Saya percaya, ia akan suka dengan perolehan itu. Perform yang diperlihatkannya mengagumkan sampai sekarang ini.”

Tetapi, kesempatan Chris Wilder menaklukkan Klopp untuk meraih gelar Manager Terbaik Premier League Musim Ini termasuk cukuplah kecil. Pihak Premier League benar-benar jarang-jarang menghargai kedahsyatan seorang manager terkecuali teamnya meraih titel juara.

Cuma empat manager yang sukses meraih gelar Manager Terbaik Premier League tanpa ada bawa teamnya jadi juara. Ke-4 manager itu ialah Toni Pulis (Crystal Palace/2014), Alan Pardew (Newcastle United/2012), Harry Redknapp (Tottenham Hotspur/2010), George Burley (Ipwich Town/2001).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *